Tips and Trick

Cara Membuat Stiker WA Sendiri

Ketentuan Gambar untuk Dijadikan Stiker WA

Sebelum lanjut ke cara membuat stiker, kamu perlu tahu dulu apa saja syarat file gambar yang bisa dipakai untuk jadi stiker. Yuk langsung kita cek aja syarat-syaratnya!

Setidaknya, ada tiga aturan yang harus kamu lakukan supaya stikermu bisa tampil dengan optimal:

  • Setiap gambar harus memiliki background yang transparan (file .png)
  • Usahakan ukuran stiker 512×512 piksel
  • Usahakan besar file stiker tidak melebih 100KB

Pihak WhatsApp juga memberikan beberapa rekomendasi lainnya, seperti jangan sampai margin (batas) antara stiker dan kanvas terlalu lebar, karena hasilnya akan menjadi kurang maksimal.

Cara Membuat Stiker Sendiri Pada WA

Ada tiga langkah agar kamu bisa memasukkan stiker buatanmu sendiri ke WhatsApp:

1. Menyiapkan Gambar Berformat PNG

Kamu bisa memilih satu di antara tiga cara ini untuk membuat stiker versimu sendiri.

a. Download Gambar Berformat PNG

Jika kamu ingin cara yang mudah, kamu bisa mencari file-file bertipe PNG yang tersebar banyak di internet dan cari mana yang kamu suka.

Kamu bisa unduh gambar-gambar PNG secara gratis di situs-situs berikut ini:

b. Gunakan Aplikasi Background Eraser

Jika kamu ingin menggunakan fotomu sendiri atau temanmu, kamu bisa download aplikasi Background Eraser yang tersedia di Play Store untuk menghapus latar belakang.

Download aplikasinya di sini!

Setelah terinstal, kamu bisa buka aplikasinya dan pilih gambar yang ingin kamu ubah menjadi stiker. Pertama, kamu harus melakukan cropping pada gambar yang kamu inginkan.

Hapus latar belakangnya hingga hanya tersisa gambar yang kamu inginkan. Aplikasi ini menyediakan fitur Auto dan Magic untuk memudahkanmu menghapus background gambar.

Setelah selesai, kamu bisa memberi efek _smooth pada gambarmu agar pinggirannya terlihat halus. Jangan lupa untuk menyimpan gambarnya ya. Secara otomatis gambarku akan tersimpan sebagai file PNG.

Hanya saja, karena menggunakan sentuhan tangan, kamu akan agak kesusahan untuk menghapus latar belakang. Jadi, kamu harus telaten ya!

2. Unduh Aplikasi Personal Stickers for WhatsApp

Setelah siap dengan gambar-gambar yang ingin kamu jadikan stiker, kamu perlu mengunduh aplikasi Personal Stickers for WhatsApp.

Karena aplikasi ini belum tersedia di Play Store, kamu harus download melalui browser kamu. Tenang, aplikasi ini aman dan bebas virus kok! Kamu bisa unduh di bawah ini.

Download: Link

3. Menambahkan Stiker ke WA

Begitu kamu memiliki gambar berformat PNG, buka aplikasi Personal Stickers for WhatsApp. Aplikasi tersebut akan menemukan gambarmu secara otomatis.

Tapi perlu diingat, kamu butuh minimal tiga gambar agar bisa memasukkan stiker buatanmu ke WhatsApp. Pastikan semua gambar berada dalam satu folder yang sama

Begitu selesai, kamu bisa langsung memakainya untuk asyik-asyikan dengan temanmu.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *