Lainnya

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan PayPal

This section contains some shortcodes that requries the Jannah Extinsions Plugin. Install it from the Theme Menu > Install Plugins.

[dropcap]B[/dropcap]agi sebagian orang menggunakan PayPal dengan sembrono dapat membuat rekening PayPalnya dibekukan. Walau pada dasarnya tidak seperti itu, tetap saja ada kabar angin yang membuat pengguna baru merasa was-was yang berlebihan. Seperti halnya layanan lainnya yang memiliki kebijakan yang sama dengan PayPal, namun tidak seperti yang dipikirkan.

Beberapa hal yang sangat mengganggu pengguna seperti tidak dapat login ke akun, tidak dapat mentransfer saldo didalam akun, dan juga perlunya konfirmasi identitas atau nomor handphone untuk mengakses akun PayPal, sangat merepotkan apalagi jika anda seorang seller yang mengandalkan 1 rekening saja.

Pada dasarnya, PayPal tidak memperbolehkan lebih dari 1 rekening personal yang memiliki nama/identitas yang sama. Hal seperti ini tidak dapat dipungkiri dengan maraknya akun bodong dan identitas palsu yang dapat dimainkan oleh oknum-oknum di luar sana. Jadi, saya akan memberikan sedikit tips untuk anda pengguna PayPal yang ingin bertransaksi, jual-beli saldo, dan menggunakan PayPal secara baik dan benar.

Menggunakan PayPal dengan identitas yang jelas

Pada saat anda membuat rekening PayPal, pastikan semua data yang terisi merupakan data yang valid seperti nama lengkap, nomor handphone, email, alamat, dan lain sebagainya. Hal ini akan mempermudah anda dalam mengatasi berbagai hal yang ada seperti mengatasi limited pada akun. Dengan adanya identitas yang valid, anda tidak perlu sibuk lagi mencari info valid tentang alamat, anda hanya perlu memberikan informasi seperti yang diminta saja.

Seperti pengalaman saya, PayPal biasanya meminta KTP/SIM (Surat Izin Mengemudi) untuk melihat kevalid-an data yang dimiliki oleh pemilik rekening. Saya sangat tidak menyarankan anda menggunakan 2 akun dengan 1 identitas, hal ini akan membuat pihak PayPal kesulitan dalam mengatasi berbagai masalah yang ada pada akun anda. Dengan kata lain, saya juga tidak mengharapkan anda membuka rekening bukan atas nama anda, karena akan sangat susah untuk menyelesaikan kasus.

Benarkah harus berhati-hati menggunakan akun PayPal?

Saya rasa semua akun harus diperhatikan dengan baik dan was-was, namun tidak perlu sampai over banget kan? Sebagian pengguna baru akan dibuat linglung sepuluh kepayang oleh teman-temannya yang jail. Saya juga demikian, namun seiring berjalannya waktu dan pengalaman yang saya rasakan, sepertinya sama saja dengan layanan lainnya.

PayPal sangat tidak menyarankan anda menggunakan provider :

  • Bolt
  • TRI (3)
  • Axis
  • lupa apa lagi..

Ada baiknya menggunakan Telkomsel karena IP yang dihasilkan lebih secure dibandingkan layanan pada poin yang saya sebutkan. Bukan bermaksud promosi, namun PayPal pernah mengirimi saya pesan untuk tidak menggunakan layanan PayPal menggunakan provider tersebut, karena jaringan yang dihasilkan tidak aman, kurang lebih seperti itu.

Bagaimana dengan VPN?

Wah, kalau baru saja menggunakan VPN, saya menyarankan untuk menghapus cache, history, dan mematikan VPN terlebih dahulu agar akun anda tidak dianggap unusual activity. Sayangnya, masih banyak yang teledor saat menggunakan VPN dan login ke akun PayPalnya.

Jika sudah dilimit, mereka biasanya akan menanyai apa saja yang anda lakukan selama menggunakan PayPal beberapa hari terakhir. Saya menyarankan anda menggunakan Guest Mode di Google Chrome pada saat ingin login ke akun PayPal. Hal ini membuat anda merasa lebih nyaman, karena tidak ada history dan cache yang tersimpan di browse anda selama penggunaan.

Transaksi menggunakan perangkat desktop

PayPal menyarankan untuk bertransaksi menggunakan perangkat seperti laptop, komputer dibandingkan handphone. Saya kurang tau alasannya, namun PayPal menyarakan demikian. Sepertinya, pengelolaan melalui desktop lebih mudah dan interaktif dibandingkan handphone yang memiliki fitur terbatas. Bisa saja, saya tidak berani berargumen tentang ini, namun jika masih nyaman transaksi menggunakan handphone ya silahkan saja.

Login menggunakan perangkat public?

Anda bisa login dimana saja seperti akun-akun lain pada dasarnya. Namun, karena ini akun rekening, saya sarankan untuk tidak sembarang login. Bukan maksud menakut-nakuti, jika anda menggunakna perangkat publik seperti komputer di warnet, bisa saja ada bocah iseng yang menggunakan keylogger untuk menyimpan history apa saja yang anda lakukan selama pemakaian perangkat tersebut.

Namun jangan sampai multi-login atau login di device yang berbeda dalam waktu yang sangat dekat, karena dapat memicu akun anda sebagai aktivitas yang mencurigakan, bakalan kerepotan jika sampai dibatasi pada saat ingin bertransaksi.

Akhir kata..

Pada dasarnya PayPal sama saja dengan layanan lainnya, jadi tidak perlu sampai over was-was deh, bikin dag-dig-dug aja yang ada. Cukup jaga saja data login dari orang iseng, sudah cukup. Sisanya berhati-hati email palsu yang masuk ke email anda, yang mengatasnamakan PayPal. Jangan lupa dilaporkan juga ke spoof@paypal.com atau lebih detailnya bisa lihat disini. Selamat beraktivitas kembali seperti sediakala.

Tags
Show More

Uthe'

I am a hero who likes to help people from all walks of life. I always try to be the best by doing extraordinary things.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *