Blogging

Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Memulai Menjadi Blogger

This section contains some shortcodes that requries the Jannah Extinsions Plugin. Install it from the Theme Menu > Install Plugins.

Menjadi blogger bukanlah hanya sebagai profesi yang gemar menulis, namun sebuah perubahan gaya hidup baru yang menjadi trend di masa kini. Anda bisa lihat, blogger sudah bisa dianggap sebuah profesi yang mampu mengelahkan pekerjaan tetap seperti PNS, dan lain sebagainya. Walaupun blogger memiliki proses yang panjang, namun profit yang dihasilkan bisa dikatakan infinited.

Sebelum anda memulai menjadi blogger, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk melewati masa sulit dengan mudah.

Persiapan mental menjadi Blogger

Sebagai seorang pemula, pasti sering banget tuh yang namanya digoda sama screenshot expert yang bisa dikatakan selangkah lebih depan dari newbie. Bagi seorang pemula, digit yang banyak dan berhasil payout itu sungguh luar biasa, jadi jangan heran mereka akan mencoba untuk mengemis ilmu ke si tuan screenshot.

Persiapan mental disini sangat dibutuhkan, anda harus yakin dan berpegang teguh pada keyakinan, konsisten, memiliki ambisi yang lurus. Jadi, jika anda ingin menjadi blogger, persiapkan batin agar tidak tergoda dengan hal-hal yang instan.

Saya sering melihat teman-teman yang masih pemula dan baru saja terjun ke dunia blogger, mereka tidak konsisten dengan tujuan awal. Sekali dipancing dengan screenshot hasil payout expert sebelah, mereka langsung tergoncang batinnya sambil lirik sana sini. Jadi disini sangat dibutuhkan persiapan mental sebagai pondasi awal menjadi seorang blogger, bukanlah hal yang mudah menahan gangguan syaithan yang selalu saja lewat di timeline.

Membangun sebuah situs untuk menulis

Saya menyarankan 2 platform untuk anda, yaitu Blogger dan WordPress. Namun, jika anda ingin serius saya sangat menyarankan menggunakan WordPress dengan mengeluarkan sedikit uang.

Blogger

Sebuah platform gratis yang disediakan oleh Google untuk penulis yang ingin berbagi tulisannya di blog pribadinya. Google menawarkan subdomain di blogspot miliknya. Platform ini memang gratis, namun keterbatasan daya tarik tampilan membuat saya sedikit kurang bersemangat. Domainnya bisa diganti kok sesuai keinginan, asalkan mau ngeluarin budget saja sih, kurang lebih 100-150rb-an/tahun.

WordPress

Saya sedang menggeluti bidang platform ini, dari dulu saya menggunakan WordPress untuk semua situs-situs saya termasuk blog pribadi. Entah mengapa, saya sangat nyaman dengan tema, plug-in, sampai ke bagian tempat kita menulis. Walaupun pada dasarnya sama-sama platform menulis, namun WordPress memiliki keunggulan tersendiri dan bebas berekspresi. Sebelumnya, saya menggunakan WordPress Self-Hosted di hosting ya, bukan WordPress.com. Jadi jangan salah pilih, karena WordPress.com hanya tempat menulis, tidak bebas berekspresi.

Pelajari bahasa pemrograman dasar (optional)

Jika mampu, anda bisa mempelajari pemrograman dasar untuk membantu anda memahami template di blogger dan tema di WordPress. Semuanya meliputi pemrograman, jadi setidaknya anda tidak linglung melihat bahasa yang berbeda dari keseharian anda.

Menjadi nilai tambah tersendiri jika anda mampu memahami kode-kode yang ada didalam tema anda, akan sangat mudah memodifikasi sesuai keinginan, jika yakin anda juga bisa membuat sebuah tema sesuai selera dengan mengikuti panduan dari situs-situs yang menyediakannya.

Menciptakan tulisan alami

Pure writing merupakan hal yang langka untuk saat ini. Bagi blogger, bulan pertama sampai bulan ketiga akan menjadi proses yang panjang. Kalau biasanya mereka sering liat screenshot gede-gede tuh, 1-3 bulan mereka akan jenuh dengna keadaan. Bulan ke 4-6 mereka akan berhenti menulis, lalu menghancurkan saingannya dengan cara meng-copy artikel dan manulis kembali di situsnya (badboy).

Saya sangat prihatin dengan keadaan seperti ini, mereka seharusnya jika ingin melakukan hal demikian, lakukanlah di situs-situs besar, karena itu tidak akan berpengaruh di situs yang memiliki aset yang lebih tinggi. Saya tidak menyarankannya, namun hanya memberikan sebuah argumen sehat saja.

Belajar menulis secara alami akan membantu anda lebih fokus dan mempelajari setiap kosa-kata yang ada, lumayan kan kalau dulunya belajar Bahasa Indonesia cuma cetek, sekarang bisa lebih hebat lagi, bahkan bisa nulis.

Do it better

Lakukan hal yang membuat anda senang, seperti:

[tie_list type=”checklist”]

  • Mencari topik pembahasan yang sesuai dengan kemampuan
  • Mendesain tampilan situs blog pribadi
  • Mempelajari hal-hal baru untuk menutupi kekurangan selama ini
  • To be publisher (Basic)

[/tie_list]

Untuk selebihnya anda bisa mempelajari tahap awal SEO (On-Page / Off-Page) untuk menyelaraskan ilmu anda. Sampai jumpa di artikel-artikel lainnya.

Tags
Show More

Uthe'

I am a hero who likes to help people from all walks of life. I always try to be the best by doing extraordinary things.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *