Lainnya

Jualan di Facebook Bisa Makin Laris dengan Terapkan Hal-Hal Berikut Ini

Di era yang serba online seperti sekarang ini, jualan menjadi kegiatan yang gampang banget dilakukan. Coba deh kamu perhatikan Facebook. Cukup banyak lho orang-orang yang jualan di Facebook.

Padahal, awalnya Facebook itu merupakan media sosial di mana semua orang bisa berkomunikasi dan saling berbagi satu sama lain. Seiring perkembangannya, banyak orang memanfaatkan peluang dengan jualan di Facebook.

Walaupun jualan di Facebook itu juga ada pesaingnya, dibandingkan dengan jualan di platform e-commerce, persaingan di Facebook gak ketat-ketat amat. Makanya, cukup banyak orang yang cenderung berjualan di media sosial ini.

Nah, biar jualan di Facebook itu selalu laris, ada beberapa tips yang bisa dilakukan nih. Seperti yang diungkapkan Love Money, inilah tips-tipsnya.

 

1. Coba jualan di Facebook melalui fitur Marketplace

Kalau kamu berpikir Facebook itu cuma tempat buat update status hingga berdebat pilihan politik, itu berarti kamu belum update perkembangan media sosial ini. Faktanya nih media sosial besutan Mark Zuckerberg ini menyediakan fitur Marketplace.

Mirip-mirip dengan Tokopedia atau Bukalapak, fitur Marketplace dari Facebook disajikan secara sederhana. Nama penjual, gambar barang, lokasi, deskripsi, hingga harga termuat dengan jelas. Fitur ini terletak di kiri halaman saat kamu login di Facebook lewat desktop.

Satu hal yang perlu kamu tahu. Dengan menggunakan fitur ini, kamu diharuskan bertemu dengan si pembeli buat melakukan transaksi. Namun, sebelum itu, kamu ngobrol dulu dengan si pembeli buat menyepakati harga barangnya.

Kalau kamu cepat dalam membalas pesan si pembeli, Facebook bakal memberi kamu lencana “Sangat Responsif” di profil marketplace.

 

2. Manfaatkan grup jualan

Fitur grup di Facebook emang udah lama disediakan. Namun, dari sekian banyak grup yang bermunculan, cukup banyak lho yang mengkhususkan diri sebagai tempatnya para penjual.

Adanya grup tersebut tentu aja bisa kamu manfaatkan buat jualan di Facebook. Terlebih, grup tersebut emang dibikin buat berjualan semata, gak sulit rasanya bagi kamu buat menemukan pembeli.

Gabunglah ke grup jualan di Facebook sebanyak-banyaklah. Lalu posting-lah apa yang kamu pengin jual. Dengan begitu, kamu memperbesar peluang agar barang yang dijual cepat laku.

 

3. Tampilkan foto yang benar-benar orisinal dan bagus

Agar jualan di Facebook melalui marketplace cepat dapat pembeli, pasanglah foto-foto yang benar-benar orisinal dan bagus. Biasanya, salah satu alasan kenapa pembeli tertarik buat membeli adalah karena gambar yang terpajang itu terlihat orisinal, sehingga bisa dipercaya keasliannya.

Coba aja posisikan dirimu sebagai pembeli. Kamu emangnya percaya gitu aja dengan foto-foto barang yang kelihatannya dicomot dari Google? Pastinya gak kan?

Makanya usahakan benar-benar buat memotret barang-barang yang pengin kamu jual. Hasilkan foto yang banyak dan upload semuanya di marketplace.

4. Gunakan layanan Facebook ads

Facebook juga menyediakan layanan Facebook ads yang pastinya memberi hasil yang lebih optimal dari cara jualan di Facebook lainnya. Selama punya modal yang cukup, selama itu pula kamu bisa cetak untung dengan menggunakan layanan Facebook ads.

Biayanya sendiri bervariasi, tergantung dari Facebook. Biasanya penetapan biaya bergantung pada audiens yang disasar dan biaya per klik atau cost per click (CPC). Makin banyak yang klik, makin murah biaya yang dikeluarkan.

5. Selalu respons pesan-pesan dari pembeli

Jangan pilih-pilih dalam menanggapi pesan-pesan yang masuk ke inbox akun Facebook kamu. Selalu balas tiap pesan yang masuk sekalipun ujung-ujungnya cuma tanya doang.

Seperti yang dijelaskan tadi, cepatnya kamu dalam membalas respons bakal dihargai Facebook dengan pemberian lencana “Sangat Responsif”. Ini tentunya bagus buat usaha jualan kamu. Sebab nantinya pembeli cenderung membeli barang ke kamu karena cepat merespons.

Nah, itu tadi tips-tips yang bisa kamu gunakan saat jualan di Facebook. Dengan menggunakan tips-tips tersebut, kamu bisa memaksimalkan penjualan di Facebook. Asalkan benar-benar dilakukan ya tips-tipsnya

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *