PanduanWordPress

Membangun Toko Online Dengan WordPress

Anda harus tahu, kini membangun toko online sendiri sangat mudah. Dengan adanya wordpres, membangun toko online bisa dengan waktu singkat. Wordpres adalah salah satu platform paling populer untung membangun website. Apakah itu berupa blog pribadi, situs perusahaan, situs edukasi, bahkan situs penjualan.

Bagi anda yang ingin membuka usaha melalui online, anda bisa memulainya dari membuka toko online terlebih dahulu. Setelah itu anda dapat menjual produk di toko online anda sendiri. Sebenarnya anda bisa langsung memasarkan produk anda melalui media sosial anda sendiri, akan tetapi itu tidak akan efektif dalam jangka panjang.

Jika anda mebangun toko online anda sendri anda bisa memasarkan toko online anda pada sosial media. Dan otomatis anda akan terlihat lebih profesional dalam membangun usaha online anda. Bagi anda yang belum pernah membangun toko online pasti akan sangat sulit. Tapi jika anda mau mempelajarinya, hal tersebut tidak akan sesulit yang anda bayangkan.

Anda perlu mempersipkan nama domain untuk wibesite, hosting, juga template untuk toko online anda. Berikut ini adalah cara membangun toko online dengan menggunakan wordpress sebagai platformnya.

Instal WordPress & Theme

Ada banyak sekali themes atau template yang bisa anda gunakan untuk membangun toko online. Selain harga theme yang cenderung murah, tampilannya juga terlihat menarik dan profesional. Sebenarnya anda bisa menggunakan theme gratisan dari wordPress. Berikut cara penginstalannya :

  • ketik di Address bar alamat : namadomain.com/cpanel
  • Kemudian login menggunakan username dan password yang dikirim lewat email saat mendaftarkan domain dan hosting di IDCloudHost
  • Jika sudah berhasil login, menuju pada tab SOFTACULOUS APPS INSTALLER, dan klik logo wordpress.
  • Lakukan instalasi sesuai petunjuk yang ada, dan tunggu sampai Selesai.
  • Akhirnya website kamu sudah terpasang CMS WordPress.

 

Cara Membangun Toko Online

Ini dia yang kita tunggu-tunggu, cara membangun toko online.

1. Kunjungi halaman administrator (WP-Admin)

Ketikkan namadomain.com/wp-admin, gunakan sub-domain toko online kita. misal pisangkeju.com. Kemudian pada bagian akhir saya tambahkan wp-admin menjadi pisangkeju.com/wp-admin.

2. Login dengan username dan password

Ingat jangan sampai salah memasukkan username/password hingga lebih dari 3x karena nantinya temen-temn tidak akan bisa login lagi untuk beberapa menit.

3. klik Plugins – Add new

Setelah berhasil login dan masuk dashboard wordpress, selanjutnya silahkan teman-teman klik pada bagian Plugins dan pilih Add new, lebih jelasnya silahkan perhatikan screnshoot diatas.

4. Ketik WooCommerce pada kotak Pencarian

Cari pada kotak pencarian Plugin WooCommerce lalu tekan enter untuk mulai melakukan pencarian plugin ini secara otomatis. Setelah muncul silahkan install. Dan proses pengistallan plugin ini tidaklah lama karena butuh waktu 1-3 menit saja.

5. Klik Activate Plugin

Langkah terakhir adalah mengaktifkan plugin WooCommerce yang tadi kita install, cukup dengan klik tombol Activate Plugin, maka plugin tersebut akan otomatis aktif dan itu artinya toko online wordpress temen-temen sudah jadi dan siap digunakan untuk berjualan.

6. Akhiri dengan klik Install WooCommerce Pages

Ini sebenarnya optional saja, artinya bleh iya boleh tidak, tapi saran saya lakukan dengan mengeklik tombol install WooCommerce Pages, dan sekaligus mengakhiri proses penginstallan plugin wordpress WooCommerce.

Tags
Show More

Uthe'

I am a hero who likes to help people from all walks of life. I always try to be the best by doing extraordinary things.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *