Keuangan Pribadi

Mengatur Keuangan yang Baik untuk Masa Depan

Siapa yang tidak bangga ketika mendapatkan uang dari hasil kerja keras sendiri? Saya pribadi juga akan sangat bangga bila mendapatkan uang dari hasil kerja saya sendiri, begitu juga dengan anda bukan? Anda pasti telah memikirkan untuk membeli apa dengan uang yang anda dapatkan, apalagi jika uang tersebut adalah hasil kerja atau gaji pertama anda.

Ketika anda mendapatkan uang, pastinya anda langsung mengajak teman atau keluarga anda untuk makan-makan, belanja atau sebagainya. Tapi apakah anda berfikir bagaimana kehidupan anda selanjutnya jika anda langsung menghabiskan sekaligus uang yang anda dapatkan?

Jika anda digaji sebulan sekali, bagaimana anda akan bertahan dalam melewati satu bulan kedepan jika anda berfoya-foya dalam seketika menghabiskan uang anda? Kehidupan anda masih panjang, dan anda harus memikirkan keuangan anda untuk masa depan anda.

Apabila anda memikirkan untuk masa depan mulai sejak dini, anda tidak anda kesusahan saat anda tidak lagi memiliki pekerjaan anda seperti di PHK. Atau jika anda sudah tiada nanti, keluarga anda tidak akan kesusahan karena anda telah menyimpan dana untuk masa depan keluarga anda.

Anda harus pintar mengatur dan mengelola keuangan anda mulai sejak dini. Dengan begitu masa depan anda akan terjamin. Berikut tips mengatur keuangan anda dengan baik.

Perhatikan Pengeluaran

Mulai sekarang anda harus pintar mengatur uang yang anda keluarkan, sebaiknya anda tidak membeli barang-barang yang tidak anda butuhkan. Apalagi jika anda adalah wanita, karena kebanyakan wanita tidak bisa menahan diri bila melihat barang-barang seperti tas, sepatu, make-up, perhiasan dan sebagainya.

Padalah jika di perhatikan masih banyak barang-barang seperti tas dan sepatu yang hanya sekali atau dua kali di pakai, Make-up yang masih banyak tersedia di rumah, perhiasan yang hanya di pakai saat kepesta dan masih banyak lagi. Kebiasaan wanita tidak memikirkan apakah itu penting atau tidak.

Beda halnya dengan pria. Pria lebih sering menghambur-hamburkan uangya untuk mentraktir teman-teman makan atau minum, apalagi jika menonton acara sepak bola pasti sangat banyak menghabiskan uang untuk membeli baju bola yang sama dengan club yang di sukai.

Jadi tidak peduli wanita atau pria, anda harus bisa mengontrol pengeluaran anda mulai sekarang. Belilah barang-barang yang anda butuhkan.

Menabung

Sejak kecil, orang tua sudah mngajari kita untuk menabung. Terbukti ketika kita sedang tidak memiliki uang dan ingin memakan sesuatu seperti ice krim, kita dapat mengambil uang yang telah tabung kemarin. Tidak beda halnya dengan anda menabung sekarang, anda akan bisa merasakan hasilnya ketika suatu saat nanti anda tidak memiliki uang atau gaji lagi.

Jika anda menabung di Bank, sebaiknya anda memisahkan rekening gaji yang dapat anda gunangan dengan rekening tabungan anda. Hal tersebut berguna agar anda tidak mengambil uang dari tabungan anda, dan agar anda mengetahui sudah berapa banyak uang yang anda tabung. Anda akan sangat bahagia ketika tabungan anda sudah banyak.

Asuransi

Asuransi adalah hal utama yang wajib anda miliki. Karena asuransi snagat berguna saat anda dalam masalah seperti sakit, kecelakaan, atau meninggal. Manusia tidak akan tahu dimasa depan akan seperti apa. Maka jika kita memikirkan sejak dini, masa depan kita akan cerah dan terjamin.

Investasi

Sebaiknya anda berinvestasi untuk meningkatkan penghasilan anda. Jika gaji anda standar, anda dapat berinvestasi dengan bentuk emas atau desposito. Dan apabila gaji anda besar sebaiknya anda berinvestasi dalam bentuk properti atau saham.

Anda hanya perlu menyisihkan kira-kira 30% dari gaji anda. Karena terbukti dengan berinvestasi dapat meningkatkan kesejahteraan finansial anda. Dan yang paling pentinga adalah anda memilih tempat investasi yang terjamin dan aman, karena sangat banyak orang yang tidak bertanggung jawab yang akan membawa lari uang anda.

Beramal

Perbanyaklah menyumbang dan beramal untuk fakir miskin dan anak yatim, juga ke masjid. Karena dengan beramal, otomatis rejeki yang anda dapatkan akan berlimpah ganda. Dengan hati ikhlas anda akan mendapatkan balasan yang setimpal.

Tags
Show More

Uthe'

I am a hero who likes to help people from all walks of life. I always try to be the best by doing extraordinary things.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *