Bisnis

Menghindari Bangkrutnya Bisnis

Pada saat anda memutuskan untuk mendirikan sebuah bisnis, anda tentunya juga takut akan terjadinya kebangkrutan. Sangat banyak bisnis yang baru muncul langsung berkembang pesat, tidak lama setelah itu produk yang dikeluarkan oleh perusahaan tersebut hilang begitu saja di pasaran. Bahkan perusahaan tersebut juga hilang.

Hilang bukan dalam artian di telan bumi, melainkan bangkrut atau gulung tikar. Ada banyak faktor dan penyebab sebuah bisnis bangkrut seperti karena kecurangan pegawai, karena pemilik bisnis tidak terlalu memperdulikan bisnisnya, dan lain sebagainya.

Semua orang yang mendirikan sebuah bisnis pasti akan semampu mungkin berusaha agar bisnis tersebut tidak gulung tikar. Bukan saja karena modal yang di keluarkan besar, tetapi juga agar bisnis tersebut bisa memperoleh hasil yang bisa di rasakan oleh anak serta cucu nanti.

Oleh sebab itu ada beberapa hal yang harus di hindari agar bisnis tersebut tetap berjalan, maju dan berkembang pesat.

1. Hindari Modal Dari Hutang Berbunga

Ini adalah hal yang sangat harus anda hindari. Jika anda memang harus berhutang untuk mendapatkan modal membuka usaha anda, sebaiknya anda tidak berhutang pada Bank atau sebagainya yang melibatkan bunga tinggi. Akibatnya anda akan terlilit dengan bunga dan hutang anda tidak akan lunas.

Karena ada satu pengalaman pegawai berhutang sebanyak 100 juta dengan bunga tinggi , kemudian beliau mencicil 30% dari gaji perbulan, beliau sudah mencicil selama 10 bulan, ketika beliau bertanya berapa sisa dari hutang beliau ternyata belum 1 ribupun hutang beliau terbayar, yang beliau bayar selama 10 bulan hanyalah bunganya saja.

Berfikirlah lebih jauh jika anda ingin meminjam modal dari perusahaan yang menetapkan bunga tinggi. Agar bisnis yang anda jalankan tidak bangkrut karena hutang.

2. Belajarlah Untuk Mengatur Keuangan

Jika anda tidak ingin bisnis yang anda bangun bangkrut akibat diri anda sendiri yang tidak bisa mengatur keuangan anda, sebaiknya anda belajar lebih dulu untuk mengubah diri anda sebelum anda mendirikan usaha. Sebaiknya anda belajar untuk mengontrol keinginan anda bebelanja membeli barang yang tidak penting.

Tidak hanya itu, anda juga harus menahan nafsu anda untuk traveling (bagi pecinta traveling), menghamburkan uang untuk nongkrong dengan teman-teman, dan hal lainnya. Jika anda tidak bisa mengatur keuangan anda, bagaimana anda akan mengatur keuangan bisnis anda? Jangankan laba yang habis entah kemana, bahkan uang modal pun tidak akan terkumpul untuk membayar hutang (bagi yang berhutang).

3. Memiliki 2 Tabungan

Agar uang perusahaan anda tidak habis dengan sendirinya, anda harus memisahkan uang anda dengan uang perusahaan. Karena jika anda menyatukan uang tersebut, anda tidak akan sadar dan menghabiskan semuanya. Jika anda telah memisahkan, maka anda tahu mana uang anda yang bisa anda habiskan dan mana uang perusahaan yang harus anda kelola dengan baik.

4. Ciptakan Sebuah Strategi Pemasaran

Untuk membuat sebuah produk diterima di pasaran, anda sebagai pembisnis harus memiliki strategi terlebih dahulu. Hal ini sangat berpengaruh pada kemajuan bisnis anda. Ciptakan strategi yang kreatif agar produk yang anda keluarkan dapat menarik banyak konsumen.

Jangan hanya pikirkan bagaimana caranya agar modal kembali. Tetapi pikirkan bagaimana cara memutarkan modal yang anda keluarkan hingga mendapatkan hasil berkali-kali lipat.

Jika anda menjalankan usaha anda dengan sabar, maka hasil yang anda dapatkan jauh lebih baik dari perkiraan anda. Semoga sukses.

Tags
Show More

Uthe'

I am a hero who likes to help people from all walks of life. I always try to be the best by doing extraordinary things.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *