Solusi

3 Metode Pembayaran yang Harus Ada di Toko Online

Bagi pemilik toko online, metode pembayaran merupakan salah satu hal mendasar yang perlu dimiliki dan sangat penting untuk kelangsungan hidup toko online tersebut. Metode pembayaran lawas kurang lebih seperti check, invoice, dan lain sebagainya. Sekarang ini, metode pembayaran seperti ini sudah mulai ditinggalkan oleh pelaku bisnis online.

Mari beralih ke metode pembayaran yang lebih mutakhir, saya memiliki 3 buah metode pembayaran yang sangat mendukung teknologi masa kini. Pelaku usaha online saat ini harus memikirkan masa depan bisnis yang dikembangkannya dan mampu mempermudah pengguna dalam berbelanja.

1. PayPal

PayPal sebagai salah satu metode pembayaran online yang paling digemari oleh pelaku usaha
Google Images

Siapa sih yang belum kenal metode pembayaran yang satu ini, bahkan market seperti eBay saja menggunakan PayPal sebagai salah satu metode pembayaran yang paling mutakhir. Namun, PayPal tetap sebagai metode pembayaran utama di eBay yang menghubungkan antara seller dengan pembeli.

Anda juga bisa membuat toko online yang interaktif dan juga mudah digunakan, termasuk sangat friendly dengan user. PayPal menjadi pilihan yang tepat sebagai metode pembayaran utama di toko anda.

Saat ini, PayPal terhubung dengan berbagai platform yang tersedia baik open-source atau close source. Apapun itu, PayPal sangat ramah terhadap pelaku usaha skala kecil seperti saya, mereka menyediakan layanan API dan panduan dokumentasi yang lengkap.

Anda juga bisa menggunakan plugin di beberapa platform e-commerce open-source yang telah dibuat oleh developer terdahulu. Beberapa platform e-commerce yang mendukung metode pembayaran ini, antara lain:

  • Spotify
  • Woocommerce
  • PrestaShop
  • Magento
  • dan masih banyak lagi

Platform diatas hanya membantu anda melewati beberapa tahap awal untuk menyiapkan toko online. Bisa saja anda membuat CMS pribadi atau membuatnya dari 0 tanpa harus menggunakan platform-platform diatas, namun sangat disayangkan jika harus membuang waktu yang banyak. Selebihnya ada ditangan anda, dimana kenyamanan itu terletak anda bisa menilainya sendiri.

2. Stripe

Online Payments yang harus ada di toko online untuk mendukung user
Google Images

Metode pembayaran yang satu ini merupakan salah satu yang terfavorit dan digunakan oleh berbagai jenis perusahaan kelas atas. Bahkan, shopify, mozilla, menggunakan merchant ini sebagai metode pembayaran utama.

Sayangnya, Stripe belum tersedia di Indonesia. Namun jika anda tetap ingin terhubung dengan Stripe, anda bisa mendaftar Stripe Atlas yang akan membantu anda menyelesaikan masalah seperti ini.

Stripe Atlas merupakan solusi hebat yang ditawarkan oleh Stripe. Mereka membantu kita menyediakan solusi membuat akun bank US di Silicon Valley, California. Anda bisa mempelajari lebih lengkap melalui situs resminya.

3. Bank Transfer

Bank transfer atau wire transfer biasanya terdapat di layanan hosting, domain yang ramah akan lokal. Bagi sebagian perusahaan besar tidak akan meninggalkan layanan kuno ini, karena mereka sadar akan pengguna bahwa masih banyak yang ketinggalan zaman. Indonesia sendiri juga masih menggunakan metode yang satu ini untuk solusi pembayaran, jadi kita pastinya tidak akan ling-lung lagi lihat metode pembayaran yang satu ini.

Bagaimana menurut anda? apakah sudah siap untuk melanjutkan bisnis anda ke jenjang selanjutnya?

Tags
Show More

Uthe'

I am a hero who likes to help people from all walks of life. I always try to be the best by doing extraordinary things.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *