Sistem informasi
Trending

Website Sistem Informasi Desa / Kelurahan GRATIS

OpenSID

Website Berbasis sistem informasi bagi Desa dan kelurahan

 

Pemerintah Desa saat ini sangat dianjurkan untuk memiliki website resmi desa. Hal ini terkait dengan pelayanan publik dan transparansi anggaran. Ada beberapa persyaratan membuat website desa yang harus di penuhi sebelum mendaftarkan domain desa.id.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa pemerintah telah mengeluarkan peraturan menteri yang mengatur pendaftaran domain resmi untuk website desa. Yakni Permenkominfo No. 5 Tahun 2015.

 

1. Lebih Mudah dalam mengelola data pemerintahan di desa ,
Aplikasi ini menyediakan banyak fitur pengelolaan data, mulai dari data kependudukan, data data rumah tangga, dan banyak lagi. Dan semua itu saling terintegrasi menjadi satu kesatuan. Misalnya pada data Kependudukan yang memberikan hampir semua informasi pribadi yang dapat kita input. Mulai dari nama lengkap, NIK, NKK, sampai dengan tanggal lahir dan golongan darah pun ada. sebagai contoh ada pada Video dibawah ini

Terdapat juga sistem upload dokumen Pas Foto, KTP, KK, dan dokumen asli hasil scan lainnya. Selain itu terdapat pula sistem Cetak Salinan Kartu Keluarga yang akan memudahkan kita jika dibutuhkan.

2. Adanya Fitur Surat Menyurat
Yang paling Menarik dari Aplikasi ini adalah adanya aplikasi surat menyurat yang terintegrasi langsung dengan data kependudukan. Jadi kita sebagai pemerintah desa tidak disulitkan lagi dengan mengetik data penduduk yg tertera pada ktp atau KK, dan meminimalisir kesalahan ketik karena data penduduknya telah kita input terlebih dahulu.
Saat akan membuat surat kita hanya mengetikkan nama lengkap atau nik pada kolom pencarian. Anda pun dapat mengkustom format surat yang ada agar sesuai dengan format surat di desa kita. Atau bisa juga membuat surat yang belum ada, tetapi dalam hal ini dibutuhkan sedikit pengetahuan tentang Coding HTML.

3. Adanya Fitur “Bantuan”
Fitur ini memudahkan kita untuk mengelola Program – Program Banduan dari pemerintah pusat ataupun daerah. Misalnya kita dapat mengelola data BPJS PBI, KIS, PKH, RASKIN, dan lain-lain hanya dengan satu aplikasi saja. Bukankah ini sangat memudakan kita dalam memperoses datanya, tanpa takut terdapat data ganda dan meminimalisirnya, dibandingkan jika menggunakan program pengelola data saja/MS Excell.

4. Fitur Sekertariat
Pada Fitur Sekertariat ini terbagi lagi menjadi beberapa fitur seperti yang tertera pada gambar diatas.
• Seperti Surat Masuk untuk mengelola nomor surat dan rincian surat yang dimaksud, selanjutnya
• Surat Keluar untuk mengelola surat yang telah kita buat lewat aplikasi
• SK Kades untuk Mengelola SK (Surat Keputusan) yang telah dikeluarkan oleh pemerintah desa dan telah ditanda tangani oleh Kepala desa itu Sendiri,
• Inventaris digunakan untuk mengelola barang – barang yang di inventariskan desa beserta nomornya, sedangkan
• Fitur Klasifikasi Surat digunakan untuk mengelompokkan surat – surat berdasarkan kode surat dan kegunaannya.

5. Admin Web
Aplikasi ini juga memiliki fungsi sebagai blog untuk membagikan artikel – artikel yang kita tulis kepada masyarat desa atau pun pembaca lainnya. kita dapat menulis artikel, membagikan foto dan video ataupun statistik kependudukan, atau pun menggunakan layanan mandiri. Bahkan dimasa yang akan datang aplikasi ini dapat di integrasikan dengan Aplikasi pengelola Keuangan yang bernama Siskuedes untuk mewujudkan pemerintahan yang transparan di era digital ini.

6. Fitur Analisis
Pada Aplikasi ini pula terdapat fitur Analisis yang berguna untuk menganalisis tingkat kemiskinan dan kesejahtraan penduduk desa. Fitur Analisis ini pun dapat kita kembangkan lebih lanjut dengan membuat pertanyaan – pertanyaan yang akan diajukan kemasyarakat untuk di input kembali kedalam sistem, akan tetapi yang sering digunakan oleh rekan – rekan perangkat desa yang sudah menggunakan aplikasi ini adalah data Analisis Prodeskel dan data BDT (Basis Data Terpadu).

7. Bisa Diinstal Secara Local atau Online
Aplikasi ini dapat diinstal secara Localhost (offline) menggunakan aplikasi webserver seperti XAMPP, namun walaupun di instal local jika komputer/laptop server terhubung dengan WiFI, aplikasi ini dapat diakses dari komputer lain yang terhubung denganjaringan WiFi tersebut dan dapat pula di akses dari ponsel atau tablet.
Sedangkan jika diinstal secara Online kita membutuhkan sebuah Could Hosting dan Domain. Untuk Could Hosting kita dapat menggunakan jasa hosting yang disediakan oleh penyedia dan domain kita dapat mendaftarkan domain ke Kominfo untuk mendapatkan Domain .desa.id. Kelebihan diistal secara onlin ini kita dapat mengakses aplikasi OpenSID dari manapun kita mau. Untuk pengguna Smartphone, aplikasi ini sangat Responsive.

8. Database
Database pada aplikasi ini ini memudahkan kita untuk membackup, mengimpor data, mengosongkan database atau pun migrasi database hanya dengan sekali klik.
Di menu database ini pun kita dapat mengimor Data penduduk yang kita dapat dapat dari Disduk Capil dalam format MS Excell. Akan tetapi dalam hal meminta atau memohon data penduduk ini, Disduk Capil di daerah kalian memiliki kebijakan yang berbeda – beda.

Dan, Masih banyak lagi fitur – fitur lain yang terdapat dalam Aplikasi ini.

 

Login Admin__

akses : http://deskel.pangkep.net/index.php/siteman

username : admin
password : admin

Layanan Masyarakat Mandiri (Layanan E-Lapor) __

Contoh Login

Username : 5201141412121724
Pin : 787878

 

 

Berikut ini adalah dokumen persyaratan yang harus di persiapkan oleh desa untuk membuat website resmi pemerintah desa :

1. SK Pengangkatan Kades/Sekdes
Untuk SK Kepala Desa sudah tentu masing-masing Kades sudah punya SK resmi dari Bupati. SK inilah yang di scan atau di foto dan nantinya akan di upload secara online di form pendaftaran domain.

Kalau Kepala Desa nya Penjabat sementara atau Pj, gunakan lah SK pengangkatan Pj yang dari Bupati. Bukan SK pengangkatan Pj waktu pertama jadi PNS (SK PNS).

Selain Kades, permohonan pendaftaran domain ke Kemenkominfo boleh diajukankan oleh Sekdes.

Oleh karena itu jika pengajuan permohonan nama domain ke menteri kominfo diajukan/ditandatangani oleh Sekdes, maka yang harus di upload nantinya adalah SK Sekdes yang dikeluarkan oleh Kepala Desa.

2. SK Pengangkatan Perangkat Desa
Untuk syarat yang ke-2 ini, tentukan dulu siapa perangkat yang akan di beri kuasa untuk mengelola web desa nantinya. Dia inilah nanti yang di sebut dengan Pejabat Pengelola Domain Desa. Dengan kata lain, perangkat yang ditunjuk inilah yang punya wewenang mengelola website resmi desa.

Untuk perangkat yang akan di tunjuk menjadi Pejabat pengelola domain, usahakan dari Kaur atau Kasi yang sesuai dengan tupoksinya. Misal Kaur Tata Usaha dan Umum, atau Kaur Humas, atau Kasi Pelayanan. Tergantung nama jabatan di desa anda yang berhubungan dengan publikasi dan informasi.

Kalau struktur pemerintah desa anda sudah sesuai dengan aturan yang di tetapkan dalam Permendagri No. 84/2015 Tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Desa (SOTK Desa), sepertinya akan lebih pas yang di tunjuk sebagai Pejabat pengelola domain adalah Kaur (Kepala Urusan) Tata Usaha dan Umum.

Alternatif Pengelola Domain
Terkadang di suatu desa ada yang semua perangkatnya rata-rata sudah berumur. Atau tidak ada perangkat yang memiliki basic/pengetahuan tentang website. Jadi caranya bagaimana ?

Nah, untuk kasus yang seperti ini, desa boleh mengangkat staff baru yang nantinya di tugaskan khusus untuk mengelola website resmi desa. Sehingga yang ditunjuk untuk mejadi Pejabat Pengelola Domain adalah staff yang baru di angkat tersebut. Yang jelas dia harus diberi SK.

Oke, itu untuk syarat nomor 2. Intinya siapkan SK perangkat yang ditunjuk sebagai pejabat pegelola domain resmi desa dan scan SK tersebut.

3. Surat Kuasa Kepada Perangkat Desa
Syarat yang ketiga ini cukup mudah. Buat Surat Kuasa dari Kades atau Sekdes kepada pejabat pengelola domain desa. Yakni perangkat atau staff yang sudah di tunjuk seperti no 2 diatas.

4. Surat Permohonan Kepada Menkominfo
Persyaratan yang ke empat dalam membuat website resmi desa yang harus di penuhi adalah Surat Permohonan dari Kades/Sekdes yang diajukan kepada Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

Itulah 4 syarat yang harus dibuat oleh desa terlebih dahulu sebelum mengisi form pendaftaran domain resmi desa.id pada website www.domain.go.id yang disediakan oleh Kemenkominfo.

Untuk Download dokument, silahkan Hubungi kami di : http://bit.ly/WebDesaGratisKemerdekaan

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *